Keoptimisan Abid Berhasil Menjuarai Kompetisi KTI Tingkat Nasional

SALATIGA – Moh. Khusnul Abid tak henti-hentinya membuat banyak orang kagum dengan berbagai prestasi yang diraihnya. Siapa lagi yang tak mengenali salah satu pengurus Ma’had Al-Jami’ah UIN Salatiga dengan nama panggilan Abid ini, yang sering memborong berbagai prestasi khususnya dalam bidang kepenulisan. Dalam Event Esafest antar sekolah dan perguruan tinggi yang diadakan oleh Dema FTIK UIN Salatiga ini, Abid berhasil menggaet juara 3 dalam bidang Karya Tulis Ilmiah (KTI) kategori Essay tingkat nasional. Abid yang merupakan mahasiswa yang lahir di Sendangagung, Paciran, Lamongan ini tak terasa telah menempuh semester 6 dengan Prodi PAI di UIN Salatiga. Abid mengaku mulanya iseng mendaftar perlombaan Essay dalam Event EsaFest yang dibuka pada tanggal 16 April-7 Mei 2024  dan pengumuman juara pada tanggal 30 Mei 2024 yang bertempat di Auditorium Center Prof. Achmadi UIN Salatiga.

Tak perlu diragukan lagi dengan keprofesionalitasnya yang dapat dibuktikan oleh Abid yang notabenya seorang pengurus Ma’had Al-Jami’ah UIN Salatiga, tak hanya  disibukkan dengan  berbagai acara dan kegiatan di ma’had, namun ia juga aktif dalam organisasi mahasiswa tetapi ia masih dapat mengimbangi kesibukannya dengan mengikuti berbagai ajang perlombaan baik di dalam universitas sendiri maupun di luar  universitas.

“Jujur saja, saya hanya iseng mengikuti perlombaan ini, ya… karena sedikit gabut makanya saya lebih baik mengikuti kompetisi ini, itung-itung mempertahankan skill menulis saya. Awalnya sih saya tidak percaya akan masuk final, dilihat dari para peserta yang berasal dari universitas lain dengan berlatar belakang seperti UGM, UNDIP, UB dan lainnya, tapi Alhamdulillah saya memperoleh juara ke-3 dan itu sungguh tidak disangka”, Ujar Abid

Di akhir wawancara ini, Abid juga berpesan kepada teman-teman Ma’had Al-Jami’ah UIN Salatiga bahwa tidak ada salahnya untuk mencoba suatu perlombaan tak peduli menang ataupun kalah. Dari perlombaan itu, kita bisa  mendapatkan pengalaman, dan dari pengalaman itu pula  kita dapat mengembangkan apa yang ada dalam diri kita. (Penulis: Rizqiana: Editor: Sam)